BIOLOGY EDUCATION STUDENTS PERCEPTION TOWARDS USING DIFFERENT ONLINE LEARNING PLATFORMS AND THEIR LEARNING BEHAVIOR IN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan SIPDA, Zoom, dan WhatsApp sebagai platform pembelajaran daring terhadap persepsi dan perilaku belajar mahasiswa pada beberapa mata kuliah serta untuk mengetahui korelasi antara persepsi dengan perilaku belajar. Sebanyak 119 mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2018 di Universitas Negeri Medan dijadikan sampel dengan teknik Random Sampling. Hasil penelitian pada mata kuliah Biologi Sel, SIPDA berpengaruh terhadap persepsi (thitung = 2.489) dan perilaku belajar (thitung 6.368) dengan korelasi 0.256; Zoom berpengaruh terhadap persepsi (thitung=4.024) dan perilaku belajar (thitung = 4.981) dengan korelasi 0.341; WhatsApp berpengaruh terhadap persepsi (thitung = 1982) dan perilaku belajar (thitung = 1.997) dengan korelasi 0.262. Pada mata kuliah Ekologi, SIPDA berpengaruh terhadap persepsi (thitung = 1.991) dan perilaku belajar (thitung = 1.994) dengan korelasi -0.309; Zoom berpengaruh terhadap persepsi (thitung = 2.335) dan perilaku belajar (thitung = 3.397) dengan korelasi -0.296; WhatsApp berpengaruh terhadap persepsi (thitung = 118.448) dan perilaku belajar (thitung = 2.087) dengan korelasi -0.366. Pada mata kuliah Genetika, SIPDA berpengaruh terhadap persepsi (thitung = 6.790) dan perilaku belajar (thitung = 2.998) dengan korelasi 0.282; Zoom berpengaruh terhadap persepsi (thitung = 1.988) dan perilaku belajar (thitung = 1.988) dengan korelasi 0.249; WhatsApp berpengaruh terhadap persepsi (thitung = 2.000) dan perilaku belajar (thitung = 1.999) dengan korelasi 0.247. Secara keseluruhan diperoleh nilai thitung > ttabel = 1.981. Kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat pengaruh penggunaan ketiga platform pembelajaran daring terhadap persepsi mahasiswa dan perilaku belajar mahasiswa serta terdapat pengaruh antara persepsi dan perilaku belajar.