Implementasi Teknik Gustav Pada Pembelajaran Instrumen Klarinet Siswa Kelas XI SMK Negeri 11 Medan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pembelajaran Teknik Gustav pada Pembelajaran Insrumen Klarinet Siswa kelas XI SMK Negeri 11 Medan, Untuk mengetahui hasil Implementasi Pembelajaran Teknik Gustav pada Pembelajaran Insrumen Klarinet Siswa kelas XI SMK Negeri 11 Medan, Untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam proses Implementasi Pembelajaran Teknik Gustav pada Pembelajaran Insrumen Klarinet Siswa kelas XI SMK Negeri 11 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik yang mengambil instrument Klarinet di SMK Negeri 11 Medan.Penelitian ini dilakukan berdasarkan landasan teoritis yang menjelaskan tentang Teori Pembelajaran, Teori Proses Pembelajaran, Hasil Pembelajaran, Kendala Pembelajaran, Instrument Klarinet, Teknik Permainan, Teknik Gustav. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang meliputi beberapa aspek yaitu Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Studi Pustaka dan analisis data. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 11 Medan, Jalan Perintis Kemerdekaan No. 31 Medan, penelitian ini dilaksanakan dari bulan Maret 2020 sampai dengan April 2020. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa dengan jurusan Klarinet di SMK Negeri 11 Medan, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ialah, 5 siswa kelas XI dan 1 Guru bidang studi Klarinet. Hasil implementasi pembelajaran teknik Gustav pada pembelajaran insrumen klarinet siswa kelas XI SMK Negeri 11 Medan, yaitu siswa mampu menguasai tehnik dasar yang telah ditetapkan pada tehnik Gustav. Tehnik tersebut berupa, Tangga nada, Trisuara, Pelatihan pernafasan, dan pelatihan membaca notasi balok dengan variasi ritme.