Pembelajaran Vokal Tradisi di SMA Negeri 1 Sumbul dalam Menyanyikan Lagu Tradisi Pakpak Dairi Pada Pelajaran Seni Budaya
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran vokal tradisi pada pelajaran seni budaya di SMA Negeri 1 Sumbul. 2) Untuk mengetahui metode belajar yang digunakan pada pembelajaran vokal tradisi Pakpak pada pelajaran seni budaya di SMA N 1 Sumbul. 3) Untuk mengetahui hasil pembelajaran dan respon siswa terhadap pembelajaran vokal tradisi pakpak pada pelajaran seni budaya di SMA N 1 Sumbul. 4) Untuk mengetahui kendala yang dialami selama proses pembelajaran vokal tradisi Pakpak pada pelajaran seni budaya di SMA N 1 Sumbul. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori pembelajaran, teori metode pembelajaran, teori teknik vokal, teori tradisi, teori hasil pembelajaran, teori kendala dan metodologi pembelajaran vokal tradisi pakpak. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sumbul. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-I berjumlah 30 siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk menjaring data adalah observasi, wawancara, lembar pertanyaan siswa, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Proses pembelajaran vokal tradisi di SMA Negeri 1 Sumbul dalam menyanyikan lagu tradisi pakpak pada mata pelajaran seni budaya melakukan tiga tahap kegiatan pembelajaran, kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup 2) Metode yang digunakan pada pembelajaran vokal tradisi pakpak, metode ceramah, metode dokumentasi, metode drill (latihan siap) 3) Hasil pembelajaran vokal tradisi pakpak dengan menggunakan tiga ranah, Ranah Kognitif, Ranah Afektif, Ranah Psikomototis 4) Kendala pada pembelajaran vokal tradisi, keterbatasan media, keadaan psikis siswa kelas X-I SMA Negeri 1 Sumbul.