Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tanggapan guru Biologi MA dan (2) Tanggapan siswa terhadap modul pencemaran lingkungan berbasis Islam-Sains pada siswa kelas X MA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan produk Borg dan Gall, yang dimodifikasi sesuai kebutuhan. Model ini meliputi enam tahapan, yaitu: (1) Melakukan penelitian pendahuluan; (2) Perencanaan produk; (3) Pengumpulan bahan; (4) Pengembangan produk awal; (5) Validasi produk dan (6) Revisi dan Uji coba. Subjek uji coba terdiri dari 4 guru biologi MA, 3 siswa MAN Karimun fillial MAN Tanjungpinang pada uji coba perorangan, 9 siswa MAN Karimun fillial MAN Tanjungpinang pada uji coba kelompok kecil dan 27 siswa MAN Karimun fillial MAN Tanjungpinang pada uji coba kelompok lapangan terbatas. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penilaian guru bidang studi biologi berada pada kriteria “sangat membantu” (3,4); (2) Uji coba perorangan berada pada kriteria “baik” (80%); (3) Uji coba kelompok kecil berada pada kriteria “sangat baik” (88%) dan (4) Uji coba kelompok lapangan terbatas berada pada kriteria “sangat baik” (90%), sehingga dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan penelitian modul pencemaran lingkungan berbasis Islam-Sains yang dikembangkan ini layak untuk digunakan sebagai bahan ajar tambahan siswa kelas X MA atau sebagai penunjang pembelajaran pencemaran lingkungan di madrasah.