PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAPHASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SISWA SMA NEGERI 2 KOTA TEBING TINGGI

Main Author: Sudibyo, Mufti
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/43463/1/Peer%20Review.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43463/2/Article.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43463/
http://digilib.unimed.ac.id/28384/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) dan model project based learning (PjBL) terhadap: hasil belajar biologi pada materi pencemaran lingkungan siswa SMA Negeri 2 Kota Tebingtinggi. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling dan ditetapkan menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas X IPA-2 dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (kontrol), kelas X IPA-3 dibelajarkan dengan menggunakan model problem based learning (PBL), X IPA-4 dibelajarkan dengan menggunakan model project based learning (PjBL). Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat (ANAKOVA) pada taraf signifikasi α = 0,05 dan dilanjutkan uji Tukey’s dengan bantuan SPSS ver 21.0. Hasil penelitian menunjukkan: Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran terhadap hasil belajar biologi (P= 0,025). Hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan model problem based learning (81,46 ± 6,59) tidak berbeda dengan model project based learning (81,43 ± 10,14) ) tetapi berbeda dari model pembelajaran konvensional (65,43 ± 7,10). Berdasarkan hasil ini menunjukkan bahwa model problem based learning (PBL) dan model project based learning (PjBL) lebih baik dari model pembelajaran konvensional. Model problem based learning (PBL) dan model project based learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar biolo