Analisis Butir Soal Ujian Try Out Bahasa Indonesia Tahun Pembelajaran 2019/2020 Kelas IX Berdasarkan Perspektif Higher Order Thinking Skills (HOTS) Di SMP Negeri 3 Medan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pengelompokkan soal berdasarkan kategori soal level kognitif Anderson & Krathwohl (Edisi revisi tahun 2001) serta untuk mengetahui analisis soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada soal ujian Try Out Bahasa Indonesia Tahun Pembelajaran 2019/2020 Kelas IX di SMP Negeri 3 Medan. Sumber data diperoleh dari soal ujian Try Out. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, untuk kategori soal ujian Try Out kelas IX ditemukan sebanyak 2% untuk soal Low Order Thinking Skill (LOTS), untuk soal Middle Order Thinking Skill (MOTS) sebanyak 52%, dan pada kategori Higher Order Thinking Skill (HOTS) sebanyak 46%. Sedangkan untuk analisis soal tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) menunjukkan bahwa soal kategori menganalisis (C4) dan Mengevaluasi (C5) menjadi soal yang dipilih untuk kategori soal HOTS, sementara untuk soal mengkreasi/mencipta (C6) tidak diterapkan dalam pembuatan soal. Hal ini disebabkan karena pemerintah ataupun dinas belum memasukkan semua proses kognitif serta mengelompokkannya dengan baik. Dalam hal ini, guru juga berperan penting dalam membuat soal terutama dalam memasukkan lebih banyak lagi butir soal kategori Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada soal yang akan diujikan.