Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Tahun Pembelajaran 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe learning together terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Percut tahun pembelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model one group pre-test post-tes design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Percut sebanyak 184 siswa dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik pusposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-2 yang berjumlah 32 siswa. Berdasarkan pengolahan data, bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe learning together tergolong dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata sebesar 58,59, standar deviasi 13,08 dan standar error 2,35. Sedangkan kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe learning together tergolong dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 80,78, standar deviasi 6,96 dan standar error 1,25. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Kemudian, dilanjutkan pada pengujian hipotesis dengan uji “t”, dikonsultasikan pada taraf signifikansi α = 0,05 dan n = 32, diperoleh ttabel = 1,67. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa thitung >ttabel yaitu 8,34>1,67, sehingga hipotesis (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima dari uji hipotesis juga menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Percut Tahun Pembelajaran 2019/2020.