Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament) terhadap kemampuan menelaah unsur buku fiksi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 293 siswa, dari populasi tersebut ditetapkan 31 siswa sebagai sampel penelitian yang diambil menggunakan teknik Purposive sampling yaitu pengambilan sampel di dasarkan pada pertimbangan tertentu. Metode yang digunkan dalam penelitian adalah menggunakan metode eksperimen one-group pre-test and post-test design. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t.” Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan menelaah unsur buku fiksi sebelum menerapkan model TGT ( Team Game Tournament ) masuk dalam dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 51,03. Sedangkan kemampuan siswa menelaah unsur buku fiksi sesudah menerapkan model TGT (Team Game Tournament) masuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 88, 36. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung >ttabel yaitu 4,00 > 1,69, sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa model TGT (Team Game Tournament) berpengaruh positif terhadap kemampuan menelaah unsur buku fiksi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2019/2020.