PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SECARA DARING BERBASIS DIGITAL DI ERA PANDEMI COVID-19
Main Authors: | Sembiring, Trevy Sahtrina, Paino, Novhira Putri, Padang, Jekki M., Umar, Azhar |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
FBS Unimed Press
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/43424/1/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43424/ |
Daftar Isi:
- Sampai kini wabah virus Covid-19 sangat berdampak besar dalam segi kehidupan, termasuk pada bidang pendidikan. Dengan merebaknya virus ini, sehingga pemerintah mengutus surat edaran untuk menerapkan kebijakan Pendidikan di Masa Darurat Penyebaran Virus Corona. Hal tersebut guna mengantisipasi penyebaran virus corona pada lembaga pendidikan baik di sekolah dan perguruan tinggi. Dalam utusan pemerintah terdapat poin bahwa pembelajaran secara tatap muka akan dialihkan menjadi pembelajaran online di rumah. Secara umum, model pembelajaran daring pada pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 ini lebih terfokus pada penggunaan strategi pembelajaran berbasis teknologi ataupun perangkat aplikasi digital yang digunakan sebagai media belajarnya. Pembelajaran dilakukan dari rumah dengan menggunakan gawai, laptop, dan komputer disertai dengan berbagai aplikasi yang mendukung proses pembelajaran. Namun, pembelajaran daring yang telah dilaksanakan sejak awal tahun 2020 mengalami beberapa kendala yang dihadapi oleh pelajar maupun pendidik. Tanpa disadari bahwa selama daring, strategi pembelajaran juga masih berpatokan pada proses pembelajaran konvensional (tatap muka). Sehingga pada saat terjadi fenomena darurat maka strategi pembelajaran yang seperti biasa tidak akan berjalan efektif dan efisien. Artikel ini mengkaji tentang keefektivan penggunaan strategi pembelajaran daring berbasis digital yang tepat digunakan dalam perkuliahan serta kaitannya dengan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.