PERAN GURU BAHASA INDONESIA DALAM MENCIPTAKAN KEAKTIFAN PEMBELAJARAN DARING DI SMP SWASTA GKPI MEDAN
Main Authors: | Sitanggang, Lecia Veronica, Siagian, Perlita Herlina, Gafari, M. Oky Fardian |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
FBS Unimed Press
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/43412/1/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43412/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam melakasanakan pembelajaran daring di SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode wawancara melalui media Zoom Meeting. Dimana subjek penelitian ini ialah seorang guru Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil analisis penelitian, guru sudah mampu menerapkan pembelajaran daring yang dapat diikuti oleh siswa. guru sudah dikatakan mampu dalam menjalankan perannya sebagai pendidik, pembimbing, pelatih, dan lain sebagainya. Proses belajar mengajar yang berlangsung secara daring bersifat aktif, interaktif dan kondusif karena guru dapat menguasai setiap individu dengan baik dan siswa menghargai guru dan sesamanya dengan baik.