KONTRIBUSI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DALAM MENINGKATKAN LITERASI DI-ERA PANDEMI

Main Authors: Sitindaon, Meliana Kristin, Sitorus, Tio Aiga, Hutagalung, Trisnawati
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: FBS Unimed Press , 2021
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/43410/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43410/
Daftar Isi:
  • Munculnya pandemi Covid-19 di Indonesia memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap dunia pendidikan. Hal ini dapat dilihat pada perkembangan pendidikan di Indonesia yang berjalan sangat pasif. Pembelajaran konvensional terpaksa diganti dengan pembelajaran jarak jauh via daring. Selain dari pembelajaran formal, aktivitas literasi juga terdampak oleh pandemi Covid-19. Salah satu cara agar pembelajaran berjalan sesuai dengan standar, maka semua elemen pendidikan harus memanfaatkan teknologi dalam menghubungkan antara guru dan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat kontribusi pembelajaran Bahasa Indonesia dalam meningkatkan literasi di masa era pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif jenis fenomenologi dengan pendekatan naratif.