URGENSI DAN STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER DI MASA PANDEMI COVID-19

Main Authors: Bangun, Gita Wulandari Br., Siagian, Yasmin Salsabila, Naelofaria, Salmah
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: FBS Unimed Press , 2021
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/43409/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43409/
Daftar Isi:
  • Pendidikan karakter adalah suatu sistem penamaan nilai-nilai karakter yang mencakup komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan. Pengembangan karakter dapat dilakukan melalui pengembangan karakter individu seseorang. Pendidikan karakter bertujuan membentuk dan membangun pola pikir, sikap, dan perilaku peserta didik agar menjadi pribadi yang positif, berakhlak karimah, berjiwa luhur, dan bertanggung jawab. Situasi pandemi Covid-19 saat ini menjadi tantangan bagi dunia pendidikan khususnya pendidikan formal dalam upaya penanaman karakter bangsa. Pembelajaran saat ini tidak dilakukan secara tatap muka, sehingga menjadi tantangan bagi guru dalam proses pendidikan karakter. Di sisi lain, akan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mewujudkan nilai-nilai karakter di masyarakat untuk berpartisipasi dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19. Metode dalam artikel ini menggunakan penelitian kepustakaan. Tujuan penulisan ini untuk mendeskripsikan urgensi dan strategi pendidikan karakter di masa pandemi Covid-19.