PENDIDIKAN KARAKTER DI MASA PANDEMI
Main Authors: | Bangun, Dicky Alpandi, Oktavianda, Riska, Aritonang, Thyra Natashya, Barus, Frinawaty Lestarina |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
FBS Unimed Press
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/43405/1/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43405/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan karakter adalah upaya mewujudkan generasi bangsa yang cerdas dan baik (smart and good citizenship)atau memiliki ahlak mulia dan berkepribadian Indonesia. Keberhasilan pendidikan karakter mengisyaratkan pembelajaran tidak serta merta dilihat dari pesepektif ranah kognitif saja melainkan bagaimana keseimbangan ranah kognitif, afektif, dan psikomotor yang muaranya adalah mewujudkan manusia seutuhnya. Kondisi pandemi Covid-19 saat ini menjadi tantangan bagi dunia pendidikan khususnya pendidikan formal dalam upaya pendidikan karakter bangsa. Pembelajaran dominan tidak dilakukan dengan tatap muka,sehingga menjadi tantangan guru dalam proses pendidikan karakter tersebut. Disisi lain akan memberikan kesempatan bagai peserta didik dalam mengaktualisasikan nilai-nilai karakter dimasyarakat dalam upaya keikutsertaan pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak, solusi dan pemecahan masalah pendidikan karakter pada masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka/ studi literatur dengan mengkaji dari beberapa hasil penelitian, artikel, e-book dan studi kasus yang terjadi dilapangan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang berusaha memberikan solusi bagaimana pendidikan karakter dilakukan ketika pembelajaran masih berlangsung dengan metode daring. Hasil penelitian mendeskripsikan problema pembelajaran daring, dampak pembelajaran daring terhadap pendidikan karakter peserta didik, solusi dan pemecahan masalah pendidikan karakter dalam masa pandemic Covid-19.