PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN ZOOM DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DARING
Main Authors: | Hutagalung, Winda, Solin, Erisa, Surip, M. |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
FBS Unimed Press
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/43399/1/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43399/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran melalui daring merupakan metode pembelajaran yang saat ini aktif dikembangkan oleh setiap tenaga pengajar atau pendidik. Metode pembelajaran ini menjadi sebuah solusi bagi terbatasnya kegiatan pembelajaran dimasa pandemi Coronavirus seperti saat ini. Pembelajaran daring dinilai dapat mengefisienkan dan mengefektifkan kegiatan pembelajaran, meskipun tidak dapat dikategorikan berbiaya murah namun pembelajaran daring ini tergolong dapat menghemat biaya operasional lembaga pendidikan. Efektifitas pembelajaran jarak jauh bertumpu pada kemampuan setiap tenaga pengajar dalam menyampaikan materi pengajaran layaknya compositions pembelajaran tatap muka. Model pembelajaran jarak jauh bagi siswa sebisa mungkin disajikan secara interaktifitas antara pendidik dan peserta didik sebagaimana yang disukai oleh siswa sekolah. Saat ini telah banyak tersedia aplikasi yang menyediakan fasilitas video untuk membantu proses pembelajaran sehingga antara pendidik dan siswa tetap dapat di laksanakan tatap muka meskipun berada ditempat yang berbeda. Aplikasi atau media yang saat ini banyak digunakan oleh sekolah adalah aplikasi zoom. Penelitian mengenai efektifitas penggunaan media zoom terhadap pembelajaran di tengah pandemik Coronavirus ini akan dilaksanakan di SMPN 2 Onanrunggu. Guna mengukur keefektifan media tersebut terhadap pembelajaran di tengah pandemic Coronavirus ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.