PENGGUNAAN VIDEO KARTUN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI ERA DIGITAL

Main Authors: Akbar, Wisnu Wardana, Pandiangan, Getsby Lewi Debora, Perangin Angin, Juan Markus, Hadi, Wisman
Format: Article PeerReviewed Lainnya
Bahasa: ind
Terbitan: FBS Unimed Press , 2021
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/43394/1/FULLTEXT.PDF
http://digilib.unimed.ac.id/43394/
Daftar Isi:
  • Dalam proses komunikasi masih ada beberapa komponen yang terlibat antara lain yaitu, asal pesan, pesan, penerima pesan, media dan umpan balik. Terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat menentukan media pembelajaran, antara lain: (1) Ketepatan tujuan pembelajaran; (2) Dukungan materi pembelajaran, adalah materi pembelajaran tadi didukung sang prinsip, konsep dan generalisasi supaya siswa dapat menggunakan gampang memahaminya, (3) Akses gampang ke media, (4) Keterampilan, (5) Waktu tersedia, serta (6) Taraf berpikir siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode kualitatif digunakan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan dalam menjelaskan video kartun. Kemudian dilanjutkan dengan analisis deskriptif yang digunakan untuk mendeskripsikan dan memberi gambaran tentang penggunaan video kartun sebagai solusi media pembelajaran yang digunakan dalam era digital saat ini.