UPAYA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA YANG EFEKTIF DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Main Authors: Manurung, Esra M, Novandes, Yolanda Rara, Hadi, Wisman
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: FBS Unimed Press , 2021
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/43383/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43383/
Daftar Isi:
  • Upaya dalam menghadapi tantangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi merupakan bentuk usaha yang akan diterapkan demi menunjang perkembangan Ilmu Pengetahuan manusia. Upaya ini dilakukan demi memudahkan manusia dalam mengikuti perkembangan zaman dengan adanya teknologi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah melahirkan berbagai bentuk upaya dari berbagai kalangan sehingga melahirkan teknologi informasi yang dikelola secara otomatis serta memudahkan pembelajar. Pada awal abad 20 perpaduan antara ilmu pengetahuan dan teknologi semakin memudahkan para penggunanya. Sampai saat ini proses implementasi tersebut semakin berkembang pesat. Peralatan-peralatan penunjang juga semakin berkembang dengan terciptanya teknologi baru dalam upaya meningkatkan ilmu pengetahuan yang semakin hari semakin berkembang. Peralatan penunjang seperti Komputer, Gaway, Laptop, Infocus dan Internet menyebabkan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi digital tanpa batas. Penggunaan daya komputasi dan data yang tidak terbatas akibat perkembangan internet dan teknologi digital di era ini menyebabkan segala hal menjadi tanpa batas. Era ini dipercaya akan mendisrupsi banyak bidang, tanpa kecuali bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Hal tersebut memunculkan banyak tantangan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Uraian dalam makalah ini berfokus pada penjelasan tentang tantangan yang dihadapi guru dan solusinya. Selain kajian leteratur yang bersifat analisis kritis-komparatif, uraian dalam makalah menyajikan sejumlah hasil riset yang telah penulis lakukan yang gayut dengan kebutuhan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia abad ke-21 dan Revolusi Industri 4.0. Ada dua hasil riset pengembangan yang disajikan dalam makalah ini, yaitu Pengembangan Buku Bahasa Indonesia Berwawasan Multikultural dan Pengembangan Buku Teks Bahasa Indonesia Berbasis Kecerdasan Ekologis.