NILAI PENDIDIKAN MORAL PADA NOVEL “PULANG” KARYA TERE LIYE: TINJAUAN SEMIOTIK DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA
Main Authors: | Lubis, Mhd. Azril Akbar, Prayuda, Dimas Dwi, Naelofaria, Salmah |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
FBS Unimed Press
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/43374/1/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43374/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apa saja nilai moral yang terdapat pada novel “Pulang” karya Tere Liye menggunakan pendekatan semiotik, dan mendeskripsikan hasil penelitian artikel ini untuk implementasi bahan ajar sastra di SMA. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi studi kasus terpancang (embedded research). Dalam penelitian ini mengungkapkan data-data yang berupa kalimat dan wacana yang ada dalam novel Pulang karya Tere Liye dan permasalahan-permasalahannya dianalisis dengan menggunakan teori struktural. Objek penelitian ini adalah nilai moral dalam novel Pulang karya Tere Liye. Data merupakan bahan yang akan dianalisis dalam penelitian. Data dalam penelitian ini adalah kata, ungkapan, kalimat, dan wacana serta peristiwa yang ada dalam novel ini. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah novel Pulang karya Tere Liye yang diterbitkan oleh Republika, Jakarta tahun 2016, tebal 400 halaman. Sumber data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari buku dan hasil jurnal penelitian yang telah dilakukan oleh orang lain sebelumnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka dan catat. Teknik catat dilakukan dengan mencatat secara teliti terhadap data primer yakni novel Pulang Tere Liye. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data secara model pembacaan model semiotik, yakni heuristik dan hermeneutik.