PengaruhPendekatan Realistic Mathematics Educations (RME) Berbasis Etnomatematika terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa di SD Al-Kausar Kota Langsa
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh pendekatan RME berbasis etnomatematika terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SD Al-Kausar Kota Langsa; Pengaruh pendekatan RME berbasis etnomatematika terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas IV SD Al-Kausar Kota Langsa; Adanya interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SD Al-Kausar Kota Langsa; Adanya interaksi antara pendekatan pembelajaran dan motivasi belajar terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SD Al-Kausar Kota Langsa; dan Mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa ditinjau dari kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara total sampling sebanyak dua kelas. Kelas yang pertama (kelompok pertama) diberi perlakuan dengan menerapkan pendekatan RME berbasis etnomatematika dengan jumlah sampel sebanyak 25 orang siswa dan kelas yang kedua (kelompok kedua) diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional dengan jumlah sampel sebanyak 25 orang siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan ANAVA 2 Jalur. Dari hasil penelitian diperoleh:Terdapat pengaruh pendekatan RME berbasis etnomatematika terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika siswa, dimana sebesar 47% pendekatan RME berbasis etnomatematika mempengaruhi peningkatan pemahaman konsep matematika siswa;Terdapat pengaruh pendekatan RME berbasis etnomatematika terhadap peningkatan motivasi belajar siswa, dimana sebesar 40,7% pendekatan RME berbasis etnomatematika mempengaruhi peningkatan motivasi belajar siswa;Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika (KAM) siswa terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika siswa siswa; Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika (KAM) siswa terhadap peningkatan motivasi belajar siswa.