Pengaruh Pendekatan Etnopedagogi dan Keterampilan Sosial terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 167643 Kota Tebing Tinggi
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan pendekatan etnopedagogi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pendekatan langsung; (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi dibandingkan siswa yang memiliki keterampilan sosial rendah; (3) Mengetahui interaksi antara pendekatan pembelajaran dan keterampilan sosial dalam mempengaruhi hasil belajar IPS siswa. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 167643 Kota Tebing Tinggi Tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 54 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner keterampilan sosial dan tes hasil belajar IPS. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Two Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan pendekatan etnopedagogi lebih tinggi dibandingkan dengan pendekatan langsung (Fhitung = 7,750 dan nilai sig. 0,008 < 0,05); (2) Hasil belajar IPS siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki keterampilan sosial rendah (Fhitung = 5,097 dan nilai sig. 0,028 < 0,05); dan (3) Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan keterampilan sosial dalam mempengaruhi hasil belajar IPS siswa (Fhitung = 6,268 dan nilai sig. 0,016 < 0,05).