Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD Negeri Cot Meuraja
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui perbedaan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan matematik realistik dibandingkan dengan pendekatan konvensional; (2) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah; dan (3) Untuk mengetahui interaksi antara pendekatan matematik realistik dan kemandirian belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan SD Negeri Cot Meuraja. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Two Way Anova. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan matematik realistik lebih tinggi dibandingkan dengan pendekatan konvensional (Fhitung = 23,476 dan nilai sig. 0,000 < 0,05); (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah (Fhitung = 7,673 dan nilai sig. 0,008 < 0,05); dan (3) Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemandirian belajar dalam mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa (Fhitung = 13,003 dan nilai sig. 0,001 < 0,05).