Pengembangan Permainan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis DAP (Developmentally Appropriate Practice) Untuk Anak Sekolah Dasar
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan permainan pada mata pelajaran pendidikan jasmani di sekolah berbasis DAP (Developmentally Appropriate Practice). Kemudian dalam penelitian ini akan menghasilkan produk berupa modul permainan dengan konsep DAP (Developmentally Appropriate Practice) untuk gerak dasar lokomotor. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan berdasarkan Model Borg and Gall. Dengan Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli permainan, dan, guru Penjas di sekolah dasar Imanuel Medan dan Methodist 1 Medan. Tahap pertama model ini adalah tahap penelitian kebutuhan, dilanjutkan dengan tahap desain dan tahap ketiga adalah pengembangan dan implementasi. Dalam tahap ini semua tahapan melibatkan proses evaluasi dan revisi. Penilaian ahli materi sebesar 89%, pada ahli permainan sebesar 90,8% dan hasil penialaian guru olahraga pada tahap I sebesar 73,8% dan pada tahap II sebesar 86%. hasil Hasil penilaian produk mengalami peningkatan dengan selisih signifikansi sebesar 12,2%. Hal ini menunjukankan jika produk yang dikembangkan pada materi gerak lokomotor melalui pengembangan permainan berdasarkan DAP (Developmentally Appropriate Practice) telah layak untuk digunakan dalam implementasi pembelajaran.