Pengaruh Model MEA Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Di SD
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran MEA terhadap hasil belajar siswa; (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa; (3) interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan teknik pengumpulan data tes soal dan angket. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 034799 Doloktolong dengan jumlah 40 siswa dan SDN 037991 Lancang dengan jumlah 40 siswa yang ditentukan secara acak dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVA sebanyak 20 siswa sebagai kela s eksperimen dan kelas IVB sebanyak 20 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan analisis varian dua jalur. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran MEA dengan nilai rata-rata 86,24 lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori dengan rata-rata 77,16 hasil analisis varian menunjukkan nilai Fhitung sebesar 3,300 > nilai Ftabel sebesar 2,72 dan nilai probabilitas atau signifikansi 0,03<0,05, sehingga H0 ditolak; (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan motivasi belajar tinggi dengan rata-rata 87,85 dan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan rata-rata 69,55. Hasil analisis varian diperoleh nilai Fhitung sebesar 116,82 > nilai Ftabel sebesar 2,72 dan nilai signifikan 0,00<0.05, sehingga H0 ditolak; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran MEA dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar PPKn siswa, hasil analisis varian nilai Fhitung sebesar 5,54 > nilai Ftabel sebesar 2,72 dan signifikansi 0,02 < 0,05 sehingga H0 ditolak.