Pengaruh Model Discovery Learning Dan Keterampilan Sosial Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Di Kelas V SDN 034799 DOLOKTOLONG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar siswa, 2) Pengaruh keterampilan sosial terhadap hasil belajar siswa. 3) Interaksi antara model pembelajaran dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Penelitian dilaksanakan bulan April sampai Mei 2021. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 034799 Doloktolong banyaknya 48 orang yang ditentukan secara acak dengan teknik random sampling. Adapun sampelnya adalah kelas VA sebanyak 24 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebanyak 24 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket keterampilan sosial dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis varian dua jalur. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran discovery learning dengan nilai rata-rata 85.556 lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori dengan rata-rata 76.944, hasil analisis varian menunjukkan nilai Fhitung sebesar 71.11 > nilai Ftabel sebesar 3.20 dan nilai probabilitas atau signifikansi 0,00 < 0,05, sehingga H0 ditolak; (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan keterampilan sosial tinggi dengan rata-rata 84.364 dan siswa yang memiliki keterampilan sosial rendah dengan rata-rata 67.00. Hasil analisis varian diperoleh nilai Fhitung sebesar 17.35 > nilai Ftabel sebesar 3,20 dan nilai signifikan 0,017 < 0.05, sehingga H0 ditolak; (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran discovery learning dan keterampilan sosial siswa dalam meningkatkan hasil belajar PPKn siswa, hasil analisis varian nilai Fhitung sebesar 6,021 > nilai Ftabel sebesar 3,20 dan signifikansi 0,018 < 0,05, sehingga H0 ditolak.