Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa, 2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. 3) interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Penelitian dilaksanakan bulan April sampai Mei 2021. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 105316 Beranti banyaknya 44 siswa yang ditentukan secara acak dengan teknik random sampling. Sampel penelitian adalah kelas IVA sebanyak 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebanyak 22 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis varian dua jalur. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran discovery learning dengan nilai rata-rata 85.92 lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional dengan rata-rata 80.00, hasil analisis varian menunjukkan nilai Fhitung sebesar 4.33 > nilai Ftabel sebesar 3.22 dan nilai probabilitas atau signifikansi 0.00 < 0.05, sehingga H0 ditolak, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan motivasi belajar tinggi dengan rata-rata 86.17 dan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan rata-rata 71.79. Hasil analisis varian diperoleh nilai Fhitung sebesar 29.46 > nilai Ftabel sebesar 3.22 dan nilai signifikan 0.013 < 0.05, sehingga H0 ditolak, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran discovery learning dan motivasi belajar siswa dalam meningkatkan hasil belajar PPKn siswa, hasil analisis varian nilai Fhitung sebesar 8.81 > nilai Ftabel sebesar 3,22 dan signifikansi 0.014 < 0.05, sehingga H0 ditolak.