Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains, sikap ilmiah dan kemampuan berpikir tingkat tinggi Siswa Materi Biologi Semester Ganjil pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 4 Medan. Jenis penelitian ini berupa deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 175 siswa secara Random Sampling dari keseluruhan kelas XI MIA di SMA Negeri 4 Medan. menggunakan tes soal uraian (essay) dan tes kuesioner angket. Dimana keterampilan proses sains dalam bentuk soal tes essay sebanyak 10 soal, kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam bentuk soal tes essay yang sebanyak 10 soal, sikap ilmiah dalam bentuk kuesioner angket sebanyak 25 pernyataan dan tes proses pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 dalam bentuk kuesioner angket sebanyak 20 pertanyaan. Hasil dalam penelitian ini adalah keterampilan proses sains siswa sebesar 31,49 dengan kategori sedang, sikap ilmiah sebesar 39,66 dengan kategori kurang baik, kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sebesar 27,2 dengan kategori rendah, dan proses pembelajaran siswa sebesar 33,18 dengan kategori kurang baik.