ctrlnum 43308
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/43308/</relation><title>Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Melalui Pengembangan Pembelajaran dengan Media Video Animasi Menggunakan Model PBL</title><creator>Novira, Putri</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>LB2331.7 Teaching personnel</subject><subject>LB2361 Curriculum</subject><subject>QD Chemistry</subject><description>Banyak permasalahan dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar kimia siswa disebabkan kurang tepatnya model pembelajaran yang digunakan untuk materi/bahan ajar kimia yang bersifat abstrak, sehingga perlu penggunaan media yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan kelayakan penggunaan media video animasi berdasarkan kriteria BSNP; pengaruh penggunaannya dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model PBL pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit; dan dalam hal ini apakah motivasi belajar siswa berkorelasi positif terhadap hasil belajarnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan langkah-langkah adaptasi pada pendekatan ADDIE. Penelitian tahap implementasi penggunaan media video animasi tersebut dilakukan dengan Pre-Ekperiment Designs bentuk One-Group Pretest-Posttest Desig n. Pemilihan sampel yang dilakukan dengan teknik purposive sampling, sampel yang diteliti adalah siswa SMA Negeri 1 Tanah Jambo Aye sebanyak 26 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa, angket BSNP modifikasi dan angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pengembangan pembelajaran dengan media video animasi menggunakan model PBL pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit: (1) rata-rata kelayakan penggunaan media video animasi tersebut pada semua kriteria BSNP adalah kategori sangat layak (kelayakan isi = 3,75; kelayakan bahasa = 3,79; dan kelayakan penyajian =3,70); (2) penggunaannya berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa tersebut (dengan skor N-gain sebesar 0,64); dan (3) motivasi belajar siswa berkorelasi positif secara signifikan terhadap hasil belajarnya (dengan koefisien korelasi = 0,75 pada tingkat signifikansi 5%).</description><date>2021-07-29</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43308/1/1.%20NIM.%208196141003%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43308/2/2.%20NIM.%208196141003%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43308/3/3.%20NIM.%208196141003%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43308/4/4.%20NIM.%208196141003%20ACKNOWLEDGEMENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43308/5/5.%20NIM.%208196141003%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43308/6/6.%20NIM.%208196141003%20LIST%20OF%20TABLE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43308/7/7.%20NIM.%208196141003%20LIST%20OF%20FIGURES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43308/8/8.%20NIM.%208196141003%20LIST%20OF%20APPENDICES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43308/9/9.%20NIM.%208196141003%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43308/10/13.%20NIM.%208196141003%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43308/11/14.%20NIM.%208196141003%20REFERENCES.pdf</identifier><identifier> Novira, Putri (2021) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Melalui Pengembangan Pembelajaran dengan Media Video Animasi Menggunakan Model PBL. Masters thesis, UNIMED. </identifier><recordID>43308</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Novira, Putri
title Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Melalui Pengembangan Pembelajaran dengan Media Video Animasi Menggunakan Model PBL
publishDate 2021
isbn 208196141003
topic LB Theory and practice of education
LB1603 Secondary Education. High schools
LB2331.7 Teaching personnel
LB2361 Curriculum
QD Chemistry
url http://digilib.unimed.ac.id/43308/1/1.%20NIM.%208196141003%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43308/2/2.%20NIM.%208196141003%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43308/3/3.%20NIM.%208196141003%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43308/4/4.%20NIM.%208196141003%20ACKNOWLEDGEMENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43308/5/5.%20NIM.%208196141003%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43308/6/6.%20NIM.%208196141003%20LIST%20OF%20TABLE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43308/7/7.%20NIM.%208196141003%20LIST%20OF%20FIGURES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43308/8/8.%20NIM.%208196141003%20LIST%20OF%20APPENDICES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43308/9/9.%20NIM.%208196141003%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43308/10/13.%20NIM.%208196141003%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43308/11/14.%20NIM.%208196141003%20REFERENCES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43308/
contents Banyak permasalahan dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar kimia siswa disebabkan kurang tepatnya model pembelajaran yang digunakan untuk materi/bahan ajar kimia yang bersifat abstrak, sehingga perlu penggunaan media yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan kelayakan penggunaan media video animasi berdasarkan kriteria BSNP; pengaruh penggunaannya dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model PBL pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit; dan dalam hal ini apakah motivasi belajar siswa berkorelasi positif terhadap hasil belajarnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan langkah-langkah adaptasi pada pendekatan ADDIE. Penelitian tahap implementasi penggunaan media video animasi tersebut dilakukan dengan Pre-Ekperiment Designs bentuk One-Group Pretest-Posttest Desig n. Pemilihan sampel yang dilakukan dengan teknik purposive sampling, sampel yang diteliti adalah siswa SMA Negeri 1 Tanah Jambo Aye sebanyak 26 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa, angket BSNP modifikasi dan angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pengembangan pembelajaran dengan media video animasi menggunakan model PBL pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit: (1) rata-rata kelayakan penggunaan media video animasi tersebut pada semua kriteria BSNP adalah kategori sangat layak (kelayakan isi = 3,75; kelayakan bahasa = 3,79; dan kelayakan penyajian =3,70); (2) penggunaannya berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa tersebut (dengan skor N-gain sebesar 0,64); dan (3) motivasi belajar siswa berkorelasi positif secara signifikan terhadap hasil belajarnya (dengan koefisien korelasi = 0,75 pada tingkat signifikansi 5%).
id IOS3150.43308
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2023-02-26T13:59:19Z
last_indexed 2023-02-26T13:59:19Z
recordtype dc
_version_ 1766033605524455424
score 17.538404