Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam membaca puisi sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran SAVI dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap kemampuan membaca puisi siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu yaitu penelitian yang dilakukan dengan memberikan perlakuan kepada sekelompok orang yang dijadikan subjek penelitian. Dari 120 orang siswa kelas VIII yang merupakan populasi, peneliti menentukan jumlah sampel sebanyak 30 orang siswa yang diambil dengan teknik random. Instrumen yang digunakan adalah rubrik penilaian membaca puisi yang diberikan saat sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil pretes pada siswa diperoleh nilai tertinggi = 80, dan nilai terendah = 44, dengan nilai rata-rata (M) =62,13, Standar Deviasi (SD) = 9,89yang mengindikasikan bahwa skor yang diperoleh siswa sangat beragam. Setelah dilakukan pretest, penulis memberi perlakuan kepada siswa yaitu dengan melakukan pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran SAVI sebanyak 5 pertemuan. Selanjutnya siswa diberikan tes untuk mengetahui kemampuan siswa setelah diajarkan dengan model SAVI. Hasil postes pada siswa kelompok eksperimen diperoleh nilai tertinggi = 88, nilai terendah =56, rata-rata (M) = 76,8, dan StandartDeviasi (SD) = 9,08. Pengujian normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji F. Selanjutnya uji hipotesis menggunakan uji t sampel berhubungan. Hasil uji t untuk α = 0,05 dan df = 30-1 = 29 diperoleh ttabel = 1,69. Dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel, maka thitung> ttabel = 8,88 > 1,69, sehingga dapat diperoleh kesimpulan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran SAVI berpengaruh terhadap kemampuan membaca puisi siswa kelas VIII SMP Swasta Panca Budi tahunajaran 2019/2020.