Pengembangan Bahan Ajar Handout Elektronik Berbantuan Adobe Flash Materi Teks Eksplanasi Kelas VIII di SMP Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertolak dari masalah kurangnya bahan ajar yang disediakan oleh sekolah, karena bahan ajar yang tidak bervariasi pembelajaran terasa membosankan bagi siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan pengembangan bahan ajar yang menarik yang harus disusun sesuai Kompetensi Dasar Kurikulum 3013. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan bahan ajar sehingga menghasilkan produk bahan ajar berbentuk handout elektronik berbantuan adobe flashpada meteri teks eksplanasi kelas VIII di SMP Negeri 6 Medan, (2) mendeskripsikan kelayakan handout elektronik sebagai bahan ajar materi teks eksplanasi di kelas VIII di SMP Negeri 6 Medan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development(R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, hasil produk. Adapaun hasil penelitian ini ialah telah dihasilkan produk bahan ajar berbentuk handout elektronik berbantuan adobe flash pada materi teks eksplanasi kelas VIII dengan persentase kelayakan 83.80%dari ahli materi dan termasuk kategori sangat layak, nilai kelayakan menurut ahli desain ialah 96% dan termasuk kategori sangat layak, selanjutnya respon guru bidang studi ialah 93.75% dan termasuk kategori sangat layak, serta 76.82% berdasarkan respon siswa dan termasuk dalam kategori layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan bahan ajar handout elektornik berbantuan adobe flashmateri teks eksplanasi layak digunakan sebagai bahan ajar tambahan disekolah.