Pengaruh Model Pembelajaran Generatif (Generatif Learning) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP ST. Antonius Bangun Mulia Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Generatif (Generatif Learning) terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP ST. Antonius Bangun Mulia Medan tahun pembelajaran 2019/2020. Rumusan masalah pada penelitian ini sebanyak tiga, diantaranya bagaimana kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP St. Antonius Bangun Mulia Medan sebelum menggunakan model pembelajaran generatif, bagaimana kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP St. Antonius Bangun Mulia Medan sesudah menggunakan model pembelajaran generatif, dan bagaimana pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP ST. Antonius Bangun Mulia Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP ST. Antonius Bangun Mulia Medan tahun pembelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 96 siswa. Sampel yang diambil adalah kelas VIII-1 berjumlah 32 siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen dan penelitian deskriptif dengan tipe tes awal-tes akhir kelompok tunggal (the one group pre-test-post-test). Nilai rata-rata pre-test siswa yaitu sebesar 63,81 dengan kategori cukup dan tidak memenuhi KKM yang ditentukan pihak sekolah yaitu sebesar 75, sedangkan nilai rata-rata post-test siswa yaitu sebesar 88,50 dengan kategori sangat baik dan telah memenuhi KKM. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas Lhitung> Ltabel pada taraf signifikan, hasil uji normalitas data pre-tetst adalah (0,1425<0,1556). Hasil uji normalitas data post-test adalah (0,1473<0,1556). Hasil uji homogenitas kemampuan menulis teks ulasan Fhitung<Ftabel yakni 3,31<4,17 dan uji hipotesis thitung>ttabel yaitu 13,49>,040, sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Generatif (Generative Learning) memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP ST. Antonius Bangun Mulia Medan Tahun pembelajaran 2019/2020.