PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS LKS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Main Authors: | Sagala, Yenni Dwi Aprilita, Simanjuntak, Mariati Purnama, Bukit, Nurdin, Motlan, |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Fisika
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/43289/12/Peer%20Review.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43289/2/Article.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43289/ http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf |
Daftar Isi:
- Model project based learning (PjBL) adalah model yang digunakan untuk melatih siswa untuk membuat perencanaan dan menghasilkan produk yang dapat menyelesaikan masalah di lingkungan sekitar. Model PjBL memiliki lima fase, yaitu (1) menemukan ide, (2) merancang proyek, (3) menyusun proyek, (4) melaksanakan proyek, dan (5) menilai proyek. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran fisika melalui model PjBL dengan berbasis Lembar Kerja Siswa (LKS). Desain pada penelitian ini menggunakan one group pre-test post-test design pada 30 orang siswa di SMA Negeri 12 Medan T.A. 2019/2020. Instrumen keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan tes essai sebanyak 7 soal dengan menggunakan indikator oleh Ennis, yaitu: (1) memberikan penjelasan, (2) membangun keterampilan dasar, (3) membuat inferensi, (4) membuat penjelasan lebih lanjut, (5) mengatur strategi dan teknik. Analisis data yang digunakan adalah N-Gain. Hasil penelitian ini adalah keterampilan berpikir kritis siswa dalam kategori sedang. Dan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa juga dalam kategori sedang.