PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA
Main Authors: | Silaban, Adeline, Simanjuntak, Mariati Purnama |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
The Magister of Physics Education Departement in State University of Medan
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/43286/2/Article.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43286/8/Peer%20Reviewer.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43286/ http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf |
Daftar Isi:
- Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan Keterampilan Proses Sains (KPS) dan pemahaman konsep pada siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pembelajaran konvensional, apakah peningkatan KPS dan pemahaman konsep siswa menggunakan inkuiri terbimbing lebih baik dari konvensional, apakah model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap KPS dan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran fisika serta mengetahui bagaimana hubungan antara KPS siswa dengan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan bentuk desain eksperimen pretest-posttest control group design. Populasinya adalah kelas X SMK Negeri 1 Stabat dengan sampel sebanyak dua kelas yang dipilih secara random sampling. Pengambilan data menggunakan tes instrumen keterampilan proses sains dan pemahaman konsep. Hasil penelitian untuk peningkatan KPS dari kedua kelas diperoleh pretes 42,13 dan 42,86, sedangkan postes 79,66 dan 55,06. Hasil penelitian untuk peningkatan pemahaman konsep dari kedua kelas diperoleh pretes 40,83 dan 33,33, sedangkan postes 79,00 dan 58,83. Hasil rata-rata peningkatan KPS menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing diperoleh 0,64 dan menggunakan pembelajaran konvensional 0,25. Hasil rata-rata peningkatan pemahaman konsep menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing diperoleh 0,68 dan menggunakan pembelajaran konvensional 0,38. Hasil output korelasi person (r) diperoleh >0,05 yaitu 0,37.