PENERAPAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP

Main Authors: Simanjuntak, Mariati Purnama, Siregar, Lasmaria, Lumbangaol, Yenni Triana
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan Fisika FMIPA Unimed , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/43273/12/Peer%20Reviewer.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43273/2/Article.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43273/
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/17074
ctrlnum 43273
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/43273/</relation><title>PENERAPAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP</title><creator>Simanjuntak, Mariati Purnama</creator><creator>Siregar, Lasmaria</creator><creator>Lumbangaol, Yenni Triana</creator><subject>LC Special aspects of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan: untuk melihat peningkatan hasil belajar IPA kelas VIII SMP dengan penerapan model discovery learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel penelitian ini sebanyak satu kelas, terdiri dari 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 35 soal dengan 4 pilihan pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Pembelajaran dilakukan dengan tiga siklus dan setiap pembelajaran, dilakukan postes. Nilai rata-rata pre-tes siklus I : 29,17; siklus II : 41,11; dan siklus III : 33,50. Nilai rata-rata postes siklus I : 71,25; siklus II : 74,44; dan siklus III : 77,04. Persentase peningkatan N-gain hasil belajar pada siklus I: 59%; siklus II : 57%; dan siklus III : 65%, masing-masing pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA siswa SMP dengan menggunakan model discovery learning.</description><publisher>Jurusan Fisika FMIPA Unimed</publisher><date>2019-11</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43273/12/Peer%20Reviewer.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43273/2/Article.pdf</identifier><identifier> Simanjuntak, Mariati Purnama and Siregar, Lasmaria and Lumbangaol, Yenni Triana (2019) PENERAPAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 7 (4). pp. 25-33. ISSN 2337-4624 </identifier><relation>https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/17074</relation><recordID>43273</recordID></dc>
language ind
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Simanjuntak, Mariati Purnama
Siregar, Lasmaria
Lumbangaol, Yenni Triana
title PENERAPAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP
publisher Jurusan Fisika FMIPA Unimed
publishDate 2019
topic LC Special aspects of education
url http://digilib.unimed.ac.id/43273/12/Peer%20Reviewer.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43273/2/Article.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43273/
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/17074
contents Penelitian ini bertujuan: untuk melihat peningkatan hasil belajar IPA kelas VIII SMP dengan penerapan model discovery learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel penelitian ini sebanyak satu kelas, terdiri dari 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 35 soal dengan 4 pilihan pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Pembelajaran dilakukan dengan tiga siklus dan setiap pembelajaran, dilakukan postes. Nilai rata-rata pre-tes siklus I : 29,17; siklus II : 41,11; dan siklus III : 33,50. Nilai rata-rata postes siklus I : 71,25; siklus II : 74,44; dan siklus III : 77,04. Persentase peningkatan N-gain hasil belajar pada siklus I: 59%; siklus II : 57%; dan siklus III : 65%, masing-masing pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA siswa SMP dengan menggunakan model discovery learning.
id IOS3150.43273
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2023-02-26T13:59:19Z
last_indexed 2023-02-26T13:59:19Z
recordtype dc
_version_ 1766033605157453824
score 17.538404