PENERAPAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP
Main Authors: | Simanjuntak, Mariati Purnama, Siregar, Lasmaria, Lumbangaol, Yenni Triana |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurusan Fisika FMIPA Unimed
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/43273/12/Peer%20Reviewer.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43273/2/Article.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43273/ https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/17074 |
ctrlnum |
43273 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/43273/</relation><title>PENERAPAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP</title><creator>Simanjuntak, Mariati Purnama</creator><creator>Siregar, Lasmaria</creator><creator>Lumbangaol, Yenni Triana</creator><subject>LC Special aspects of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan: untuk melihat peningkatan hasil belajar IPA kelas VIII SMP dengan penerapan model discovery learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel penelitian ini sebanyak satu kelas, terdiri dari 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 35 soal dengan 4 pilihan pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Pembelajaran dilakukan dengan tiga siklus dan setiap pembelajaran, dilakukan postes. Nilai rata-rata pre-tes siklus I : 29,17; siklus II : 41,11; dan siklus III : 33,50. Nilai rata-rata postes siklus I : 71,25; siklus II : 74,44; dan siklus III : 77,04. Persentase peningkatan N-gain hasil belajar pada siklus I: 59%; siklus II : 57%; dan siklus III : 65%, masing-masing pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA siswa SMP dengan menggunakan model discovery learning.</description><publisher>Jurusan Fisika FMIPA Unimed</publisher><date>2019-11</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43273/12/Peer%20Reviewer.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43273/2/Article.pdf</identifier><identifier> Simanjuntak, Mariati Purnama and Siregar, Lasmaria and Lumbangaol, Yenni Triana (2019) PENERAPAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 7 (4). pp. 25-33. ISSN 2337-4624 </identifier><relation>https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/17074</relation><recordID>43273</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Simanjuntak, Mariati Purnama Siregar, Lasmaria Lumbangaol, Yenni Triana |
title |
PENERAPAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP |
publisher |
Jurusan Fisika FMIPA Unimed |
publishDate |
2019 |
topic |
LC Special aspects of education |
url |
http://digilib.unimed.ac.id/43273/12/Peer%20Reviewer.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43273/2/Article.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43273/ https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/17074 |
contents |
Penelitian ini bertujuan: untuk melihat peningkatan hasil belajar IPA kelas VIII SMP dengan penerapan model discovery learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel penelitian ini sebanyak satu kelas, terdiri dari 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 35 soal dengan 4 pilihan pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Pembelajaran dilakukan dengan tiga siklus dan setiap pembelajaran, dilakukan postes. Nilai rata-rata pre-tes siklus I : 29,17; siklus II : 41,11; dan siklus III : 33,50. Nilai rata-rata postes siklus I : 71,25; siklus II : 74,44; dan siklus III : 77,04. Persentase peningkatan N-gain hasil belajar pada siklus I: 59%; siklus II : 57%; dan siklus III : 65%, masing-masing pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA siswa SMP dengan menggunakan model discovery learning. |
id |
IOS3150.43273 |
institution |
Universitas Negeri Medan |
institution_id |
60 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Medan |
library_id |
564 |
collection |
Digital Repository Universitas Negeri Medan |
repository_id |
3150 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Akuntansi |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS3150 |
first_indexed |
2023-02-26T13:59:19Z |
last_indexed |
2023-02-26T13:59:19Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766033605157453824 |
score |
17.538404 |