Daftar Isi:
  • Masalah Penelitian ini adalah proses pembelajaran teks biografi belum menggunakan bahan ajar teks biografi bermuatan nilai pendidikan karakter untuk kelas X SMK Tritech Informatika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar teks biografi bermuatan nilai pendidikan karakter untuk kelas X SMK Tritech Informatika Medan; mengetahui hasil kelayakan bahan ajar teks biografi untuk kelas X; dan mengetahui keefektifan bahan ajar teks biografi untuk kelas X. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall. Penelitian dilaksanakan di SMK Tritech Informatika Medan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMK dengan jumlah siswa 30 orang, validator bahan ajar, dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Objek penelitian ini adalah bahan ajar teks biografi bermuatan nilai pendidikan karakter. Instrument pokok yang dipakai untuk mengumpulkan data dalam penilaian ini yaitu angket dan tes. Teknik analisis data diperoleh dalam penelitian ini adalah data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pengembangan bahan ajar berupa modul dilakukan dengan beberapa tahap yaitu: (a) tahap pertama yang dilakukan adalah studi pendahuluan; (b) pengembangan produk awal dilakukan dengan membuat desain bahan ajar modul; (c) validasi produk oleh validator ahli materi dan desain; (2) Persentase rata-rata seluruh sub komponen dari hasil validasi ahli materi I dan II adalah 95,98%; jumlah rata-rata keseluruhan hasil penilaian dari validator ahli desain I dan II adalah 84,5%; hasil respon guru terhadap modul memperoleh total persentase rata-rata sebesar 96,15%; hasil respon siswa kelas X untuk modul yang telah dikembangkan dinyatakan layak dan memenuhi kebutuhan presentase rata-rata 89,81%. Kriteria seluruh penilaian dengan “sangat baik”; (3) Keefektifan bahan ajar setelah dilakukan pembelajaran menggunakan modul teks biografi bermuatan nilai pendidikan karakter diperoleh rata-rata 81,37. Nilai siswa paling rendah adalah 75 dan paling tinggi adalah 95. Berdasarkan nilai rata-rata data posttest siswa di atas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa mengalami kenaikan yang signifikan tinggi dan mencapai KKM sesuai yang diharapkan pada pembelajaran bahasa Indonesia yaitu materi teks biografi.