Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan bahan ajar teks eksplanasi berbasis ekologi berbentuk flip book untuk siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padangsidempuan dengan rumusan masalah (1)Bagaimana proses pengembangan bahan ajar dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi berbasis ekologi berbentuk flip book siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padangsidimpuan (2) Bagaimana kelayakan bahan ajar yang dkembangkan pada menulis teks eksplanasi berbasis ekologi berbentuk flip book siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padangsidimpuan (3) Bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan media bahan ajar dalam menulis teks eksplanasi berbasis ekologi berbentuk flip book siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padangsidimpuan. Bahan ajar yang dikembangkan yaitu berbentuk electrik book. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan berdasarkan model pengembangan R&D. Dengan Subjek uji coba terdiri dari ahli desain, ahli materi, guru bahasa Indonesia, dan Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Padangsidempuan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data analisa kebutuhan seluruh guru menyatakan 100% memerlukan bahan ajar menulis eksplanasi berbasis ekologi berbentuk flip book, sedangkan siswa 29 orang 90,62% mengatakan memerlukan bahan ajar menulis eksplanasi berbasis ekologi berbentuk flip book (1) Validasi dari ahli materi terhadap aaspek kelayakan materi sebesar 82,81% kategori sangat baik, kelayakan penyajian sebesar 82,5% kategori sangat baik dan kelayakan bahasa sebesar 78,84% kategori baik. (2) Validasi dari ahli desain tampilan visual 85,22% kategori sangat baik dan desain pembelajaran sebesar 82,95% kategori sangat baik.(3) Penilaian guru terhadap bahan ajar sebesar 93,33% kategori sangat baik. (4) Uji coba perorangan sebesar 84,72% kategori sangan baik. (5) Uji coba kelompok kecil sebesar 90,04% kategori sangat baik. (6) Uji coba kelompok terbatas sebesar 94.33% kategori sangat baik. Hasil belajar memproduksi teks eksplanasi sebelum berbasis ekologi berbentuk flip book memperoleh sebesar 63,87% sedangkan hasil belajar memproduksi teks eksplanasi setelah berbasis ekologi berbentuk flip book memperoleh sebesar 79,96%. Selisih yang diperoleh 16,09% dari sebelum dan sesudah menggunakan berbasis ekologi berbentuk flip book. Hasil penelitian ini kategorikan “Baik/Valid” dan layak diterapkan disekolah dengan melalui tahap pengujian/penilaian dari Ahli Materi , Ahli Desain, Dosen, Guru dan Siswa.