pengembangan bahan ajar berbasis web pada mata kuliah evalusi pembelajaran fisika di prodi magister pendidikan fisika
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi telah mengubah berbagai kehidupan menjadi semakin canggih dan berinovasi khususnya di bidang pendidikan. Teknologi berbasis web telah mengubah pembelajaran yang konvensional menjadi lebih modern, aktif, efektif, dan meningkatkan motivasi peserta didik. Adapun tujuan penelitian adalah Mendeskripsikan tingkat kevalidan, kepraktisan, efektivitas, dan dampak bahan ajar berbasis web terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan Model pengembangan ADDIE. Sampel penelitian yakni satu kelas Prodi Magister Pendidikan Fisika Eksekutif B Stambuk 2018 yang dipilih menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan kuesioner, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Analisis bahan ajar berbassis web pada kategori sangat valid dengan rata-rata 95,57%, sangat praktis dengan rata-rata 95,77 %, sangat efektif dengan rata-rata 93,25%, dan interaksi media pembelajaran terhadap hasil belajar pada kategori tuntas dengan rata-rata 88,55% serta N-Gain pada kategori tinggi yaitu 0,75. Berdasarkan hasil analisis data, media pembelajaran ini dapat digunakan untuk proses pembelajaran.