Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bahan ajar Kimia yang digunakan di sekolah dan bahan ajar berbasis web terintegrasi model pembelajaran berbasis projek pada materi hidrolisis di kelas XI SMA/MA berdasarkan kriteria kelayakan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajar dikembangkan lebih tinggi dari pada nilai KKMnya, mengetahui motivasi belajar siswa, dan respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan penelitian pengenbangan yang mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Uji coba terbatas dilakukan melalui pengamatan terhadap motivasi, respon siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket BSNP, angket motivasi belajar dan angket respon siswa. Analisis data yang dilakukan pada tahap analisis dan pengembangan berupa analisis deskriptif, sedangkan pada tahap implementasi analisis data dilakukan analisis statiska menggunakan uji – t satu pihak. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Bahan ajar kimia yang digunakan disekolah sudah memenuhi standard BSNP dalam aspek kelayakan isi (rata-rata 3,05), kelayakan bahasa (rata – rata 2,82), kelayakan penyajian (rata – rata 2,94) namun belum memenuhi kelayakan kegrafikan (rata – rata 1,24). (2) Inovasi bahan ajar kimia yang dikembangkan sudah memenuhi standard BSNP dalam aspek kelayakan isi (rata-rata 3,49), kelayakan bahasa (rata – rata 3,57), kelayakan penyajian (rata – rata 3,42) dan kelayakan kegrafikan (rata – rata 3,62).(3) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan dengan nilai rata – rata 83,61 yang berarti melampaui nilai KKMnya 75 (4) Respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan sebesar 89, 58% dikategorikan baik. (5) Motivasi belajar siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan sebesar 89,48% termasuk kedalam katagori sangat termotivasi Kata kunci : Pembelaja