Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran Blended Learning Berbasis LMS Dengan Kemampuan Self Regulated Learning, Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bioteknologi. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan Teknik analisis data korelasi spearman pada taraf signifikansi α = 0,05. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Medan pada Siswa Kelas XII tahun pelajaran 2020/2021. Populasi pada penelitian ini adalah 10 kelas IPA di SMAN 4 Medan dengan Sampel 2 kelas. Instrumen yang digunakan berupa angket pendapat siswa terhadap LMS Google Classroom dan Rumah Belajar, angket Self Regulated Learning, lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar materi bioteknologi. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya hubungan yang signifikan antara penggunaan LMS Google Classroom dan Kelas Maya Rumah Belajar dengan Kemampuan Self Regulated Learning, Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bioteknologi. Namun hasil belajar dengan menggunakan Google Clasroom lebih tinggi dibandingkan dengan dengan menggunakan Rumah Belajar dengan hasil amat baik 5,71% (2 orang) dan baik 51,43% (18 orang) untuk google classroom, sedangkan untuk Kelas Maya Rumah Belajar diperoleh hasil amat baik 2,86% (1 orang) dan 34,28% (12 orang) kategori baik. Hasil penelitian ini kemungkinan disebabkan karena fitur-fitur pada Google Classroom belum dimanfaatkan secara maksimal, konten belum dirancang dengan baik, adanya kendala teknis pada penggunaan kelas maya rumah belajar dan adanya kejenuhan peserta didik melakukan pembelajaran secara online.