Daftar Isi:
  • Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan memperoleh gambaran kemampuan Tecnological Pedagogical Conten Knowledge (TPACK) guru Biologi SMA di Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah guru biologi SMA di Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Sampel dalam penelitian berjumlah 24 guru biologi dari 17 SMA Negeri dan Swasta. Instrumen penelitian ini terdiri dari Tes Kemampuan TPACK guru, analisis dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), observasi pembelajaran dan wawancara. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan menggali informasi dari guru biologi tentang kemampuan TPACK guru SMA di Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Dalam penelitian ini akan mencari gambaran dan mengeksplorasi kemampuan TPACK guru biologi dalam mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran dan dalam penelitian ini juga akan memaparkan secara deskriptif kemampuan pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial guru yang terintegrasi dengan teknologi pada aspek Tecnological Knowledge (TK), Pedagogical Knowledge (PK), Conten Knowledge (CK), Tecnological Pedagogical Knowledge (TPK), Tecnological Conten Knowledge (TCK), Pedagogical Conten Knowledge (PCK) dan Tecnological Pedagogical Conten Knowledge (TPACK). Hasil penelitian kemampuan TPACK diperoleh pada aspek Tecnological Knowledge (TK) memiliki kategori cukup baik, pada aspek Pedagogical Knowledge (PK) memiliki kategori cukup baik, pada Conten Knowledge (CK) memiliki kategori baik, pada aspek Tecnological Pedagogical Knowledge (TPK) memiliki kategori cukup baik, pada aspek Tecnological Conten Knowledge (TCK) memiliki kategori cukup baik, pada aspek Pedagogical Conten Knowledge (PCK) memiliki kategori cukup baik dan pada aspek Tecnological Pedagogical Conten Knowledge (TPCK) memiliki kategori cukup baik.