Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat kevalidan perangkat pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan metakognisi siswa, 2) tingkat keefektifan perangkat pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan metakognisi siswa, 3) tingkat kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan metakognisi siswa, 4) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam penerapan perangkat pembelajaran berbasis masalah, 5) peningkatan kemampuan metakognisi siswa dalam penerapan perangkat pembelajaran berbasis masalah. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah RPP, LKPD, BPG, dan BS. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 17 Medan. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan, dan test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, baik dalam validitas isi maupun validitas konstruk. 2) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis,. 3) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif, 4) Terdapat peningkatan N-Gain kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan perangkat berbasis masalah yang dikembangkan pada ujicoba I sebesar 0,32 dalam kategori rendah meningkat pada ujicoba II sebesar 0,53 dalam kategori sedang. 5) Terdapat peningkatan N-Gain kemampuan metakognisi siswa menggunakan perangkat berbasis masalah yang dikembangkan pada ujicoba I sebesar 0,29 dalam kategori rendah pada ujicoba II sebesar 0,47 dalam kategori sedang.