ctrlnum 43229
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/43229/</relation><title>Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital Interaktif Berbasis Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa di SMP IT Ikhwanul Muslimin</title><creator>Puspaningrum, Cici</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>LB2361 Curriculum</subject><subject>QA Mathematics</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran buku interaktif berbasis pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) yang valid, praktis, dan efektif sehingga dapat meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa; 2) meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa dengan menggunakan media buku interaktif berbasis pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE dengan subjek penelitian 15 orang siswa/i kelas VIII-1 dan 15 orang siswa/i kelas VIII-2 di SMP IT Ikhwanul Muslimin. Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran buku interaktif berbasis pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok). Kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari analisis hasil validitas media pembelajaran oleh para validator dengan nilai rata-rata total sebesar 3,73 (kategori &#x201C;Valid&#x201D;). Sementara itu, kepraktisan media pembelajaran dilihat dari skor observasi keterlaksanaan pembelajaran pada uji coba II yaitu sebesar 3,73 (kategori &#x201C;Terlaksana dengan Baik&#x201D;). Keefektifan media pembelajaran ditinjau dari empat aspek yaitu ketuntasan klasikal, skor observasi aktivitas siswa, observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan respon guru dan siswa. Ketuntasan klasikal kemampuan spasial matematis siswa pada uji coba II sebesar 86,67% (13 siswa). Rata-rata persentase pencapaian waktu ideal aktivitas siswa pada uji coba II untuk tiga pertemuan adalah 22,2%, 26,87%, 26,87%, 13,9%, 7,87%, dan 2,32%. Rata- rata skor observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran pada uji coba II adalah 3,79 (kategori &#x201C;Baik&#x201D;). Rata-rata respon guru pada uji coba II adalah 3,78 (kategori &#x201C;Tertarik&#x201D;). Rata-rata respon siswa pada uji coba II adalah 3,74 (kategori &#x201C;Tertarik). Berdasarkan indeks gain ternormalisasi, diperoleh bahwa pada uji coba II terjadi peningkatan nilai dengan skor 0,40 (kriteria &#x201C;sedang&#x201D;)</description><date>2021-07-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43229/1/1.%20NIM.%208196171006%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43229/7/2.%20NIM.%208196171006%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43229/8/3.%20NIM.%208196171006%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43229/9/5.%20NIM.%208196171006%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43229/2/4.%20NIM.%208196171006%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43229/3/7.%20NIM.%208196171006%20LIST%20OF%20FIGURES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43229/4/8.%20NIM.%208196171006%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43229/5/12.%20NIM.%208196171006%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43229/6/13.%20NIM.%208196171006%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/43229/10/6.%20NIM.%208196171005%20LIST%20OF%20TABLES.pdf</identifier><identifier> Puspaningrum, Cici (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital Interaktif Berbasis Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa di SMP IT Ikhwanul Muslimin. Masters thesis, UNIMED. </identifier><recordID>43229</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Puspaningrum, Cici
title Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital Interaktif Berbasis Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa di SMP IT Ikhwanul Muslimin
publishDate 2021
isbn 208196171006
208196171005
topic LB1603 Secondary Education. High schools
LB2361 Curriculum
QA Mathematics
url http://digilib.unimed.ac.id/43229/1/1.%20NIM.%208196171006%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43229/7/2.%20NIM.%208196171006%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43229/8/3.%20NIM.%208196171006%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43229/9/5.%20NIM.%208196171006%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43229/2/4.%20NIM.%208196171006%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43229/3/7.%20NIM.%208196171006%20LIST%20OF%20FIGURES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43229/4/8.%20NIM.%208196171006%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43229/5/12.%20NIM.%208196171006%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43229/6/13.%20NIM.%208196171006%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43229/10/6.%20NIM.%208196171005%20LIST%20OF%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43229/
contents Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran buku interaktif berbasis pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) yang valid, praktis, dan efektif sehingga dapat meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa; 2) meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa dengan menggunakan media buku interaktif berbasis pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE dengan subjek penelitian 15 orang siswa/i kelas VIII-1 dan 15 orang siswa/i kelas VIII-2 di SMP IT Ikhwanul Muslimin. Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran buku interaktif berbasis pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok). Kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari analisis hasil validitas media pembelajaran oleh para validator dengan nilai rata-rata total sebesar 3,73 (kategori “Valid”). Sementara itu, kepraktisan media pembelajaran dilihat dari skor observasi keterlaksanaan pembelajaran pada uji coba II yaitu sebesar 3,73 (kategori “Terlaksana dengan Baik”). Keefektifan media pembelajaran ditinjau dari empat aspek yaitu ketuntasan klasikal, skor observasi aktivitas siswa, observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan respon guru dan siswa. Ketuntasan klasikal kemampuan spasial matematis siswa pada uji coba II sebesar 86,67% (13 siswa). Rata-rata persentase pencapaian waktu ideal aktivitas siswa pada uji coba II untuk tiga pertemuan adalah 22,2%, 26,87%, 26,87%, 13,9%, 7,87%, dan 2,32%. Rata- rata skor observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran pada uji coba II adalah 3,79 (kategori “Baik”). Rata-rata respon guru pada uji coba II adalah 3,78 (kategori “Tertarik”). Rata-rata respon siswa pada uji coba II adalah 3,74 (kategori “Tertarik). Berdasarkan indeks gain ternormalisasi, diperoleh bahwa pada uji coba II terjadi peningkatan nilai dengan skor 0,40 (kriteria “sedang”)
id IOS3150.43229
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2023-02-26T13:59:17Z
last_indexed 2023-02-26T13:59:17Z
recordtype dc
_version_ 1766033604995973120
score 17.538404