Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menemukan perangkat pembelajaran berbasis full online learning memanfaatkan LMS moodle yang valid dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan kemandirian belajar siswa; 2) menemukan perangkat pembelajaran berbasis full online learning memanfaatkan LMS moodle yang praktis dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan kemandirian belajar siswa 3) menemukan perangkat pembelajaran berbasis full online learning memanfaatkan LMS moodle yang efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan kemandirian belajar siswa 4) meningkatkan efektivitas belajar siswa dan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis full online learning memanfaatkan LMS moodle. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D dan dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 18 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perangkat pembelajaran full online learning memanfaatkan LMS moodle telah memenuhi kriteria valid; 2) Perangkat pembelajaran full online learning memanfaatkan LMS moodle telah memenuhi kriteria praktis; 3) Perangkat pembelajaran full online learning memanfaatkan LMS moodle telah memenuhi kriteria efektif ; 4) peningkatan hasil belajar siswa menggunakan perangkat pembelajaran full online learning memanfaatkan LMS moodle telah meningkat ditinjau dari N-gain uji coba I sebesar 0,44 menjadi 0,54 dengan kategori sedang pada uji coba II dan peningkatan kemandirian belajar siswa menggunakan perangkat pembelajaran full online learning memanfaatkan LMS moodle telah meningkat dikembangkan berdasarkan ketegori KAM mengalami peningkatan dari uji coba I ke uji coba II, pada kelompok tinggi sebesar 79 meningkat menjadi 85, Pada kelompok sedang sebesar 59,9 meningkat menjadi 69,4.