Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Multirepresentasi pada Pembelajaran IPA terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa di SMP
Main Authors: | Nova, Beatrix, Simanjuntak, Mariati Purnama |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/43219/12/Peer%20Review.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43219/1/Article.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43219/ https:/ fdrive.google.com/file/d/1S4mQc9QPArSMilsRnb36rVbnm_PSBcZw/view Scopus |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar-belakangi masih rendahnya pemecahan masalah siswa pada pembelajaran IPA di SMP. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh keterampilan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP dengan menerapkan model problem based learning (PBL) berbasis multirepresentasi. Metode penelitian kuasi eksperimen dengan design two grup pretest-posttest. Sampel diambil secara cluster random sampling. Pemecahan masalah diukur dengan menggunakan instrumen tes berbentuk uraian berbasis masalah pada materi Sitem Ekskresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uij beda (uji-t) terdapat perbedaan keterampilan pemecahan masalah siswa secara signifikan dengan menerapkan PBL berbasis multirepresentasi pada pembelajaran IPA pada materi Sistem Ekskresi dengan kata lain terdapat pengaruh model PBL berbasis multirepresentasi terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi Sistem Ekskresi siswa kelas VIII SMP. Persentase N-gain keterampilan pemecahan masalah kelas eksperimen sebesar 65% dan kelas kontrol sebesar 54%, masing-masing pada kategori sedang.