Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi pada Siswa Kelas X SMK Swasta Multi Karya Tahun Pembelajaran 2019/2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Cooperative Script terhadap kemampuan menulis teks biografi pada siswa kelas X SMK Swasta Multi Karya tahun pembelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 14 kelas dengan jumlah 449 siswa. Sampel yang diambil adalah kelas X-TP (kelas kontrol) berjumlah 34 siswa dan kelas X-TKRO 1 (kelas eksperimen) berjumlah 32 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan tipe Two Group Pos-Test Only Control Design dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Nilai rata-rata post-test siswa pada kelas kontrol yaitu sebesar 71,59 dengan kategori cukup dan belum memenuhi KKM, sedangkan nilai rata-rata post-test siswa pada kelas eksperimen yaitu sebesar 83,59 dengan kategori baik dan telah memenuhi KKM. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas eksperimen