Analisis Kesesuaian Instrumen Peniliaian Autentik Berdasarkan Standar Penilaian Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2019/2020
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kesesuaian instrumen penilaian autentik berdasarkan standar penilaian Kurikulum 2013 pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan pada semester genap tahun pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian instrumen penilaian autentik berdasarkan standar penilaian kurikulum 2013 pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan tahun pembelajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian ini yaitu dokumen instrumen penilaian autentik yang disusun guru bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan yang telah menggunakan Kurikulum 2013 pada Tahun Pembelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi pada dokumen penilaian autentik. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis dokumen. Hasil penelitian ini berupa data deskriptif Kesesuaian Instrumen Penilaian Autentik Berdasarkan Standar Penilaian Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Berdasarkan hasil analisis terhadap penilaian autentik yang mencakup penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dapat disimpulkan bahwa penilaian autentik pada penilaian sikap sudah sesuai hanya saja ada beberapa indikator yang belum lengkap, penilaian pengetahuan memiliki kesesuaian, dan pada penilaian keterampilan terdapat dua KD yang tidak sesuai. Hal itu didasarkan pada hasil analisis yang telah dilakukan.