Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media adobe animate cc terhadap kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII MTs Al-Jam’iyatul Washliyyah Tembung tahun pembelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model two group post-tes design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung yang berjumlah 367 siswa dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik pusposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-1 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan pengolahan data, bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks fabel menggunakan media power-point tergolong dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata sebesar 70,10, standar deviasi 11,19 dan standar error 1,94. Sedangkan kemampuan siswa dalam menulis teks fabel menggunakan media adobe animate cc tergolong dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 84,44, standar deviasi 7,75 dan standar error 1,35. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Kemudian, dilanjutkan pada pengujian hipotesis dengan uji “t”, dikonsultasikan pada taraf signifikansi α = 0,05 dan n = 33, diperoleh ttabel = 1,99. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa thitung >ttabel yaitu 6.04 >1,99, sehingga hipotesis (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, dari uji hipotesis juga menunjukkan bahwa media pembelajaran adobe animate cc berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII MTs Al-Jam’iyatul Washliyyah Tembung tahun pembelajaran 2019/2020.