PENERAPAN MEDIA MONOPOLI BERBASIS TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) HASIL PENGEMBANGAN DALAM PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA
Main Authors: | Nainggolan, Bajoka, Batubara, Nurul Chairina |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/43204/1/Article.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43204/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berupa model penelitian dan pengembangan (R&D) dengan metode ADDIE (Ananlysis, design, development, implementasi dan evaluasi), bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia melalui penerapan media monopoli berbasis Teams-Games-Tournament (TGT) hasil pengebangan. Sampel kelas eksperimen diambil secara acak yaitu 34 siswa kelas X MIA 5 dan kelas kontrol 34 siswa kelas X MIA 4 SMA Panca Budi Medan. Kelas eksperimen diajar dengan pembelajaran berbantuan media monopoli berbasis TGT hasil pengembangan, sedangkan kelas kontrol diajar dengan pembelajaran tanpa monopoli berbasis TGT. Data diolah secara statistik, diperoleh rata-rata kelayakan monopoli berbasis TGT hasil pengembangan pada aspek kelayakan isi 3,39; bahasa 3,48; presentasi 3.43; dan kegrafikan 3.67, artinya kualitas media monopoli berasis TGT hasil pengembangan berada dalam kategori sangat layak sesuai standar BSNP. Peningkatan hasil belajar kimia siswa dari uji gain ternormalisasi dengan penerapan media monopoli berbasis TGT hasil pengembangan pada pembelajaran ikatan kimia diperoleh sebesar 80,86%, dengan skor tertinggi 95 dan skor terendah 75. Pengujian hipotesis diperoleh t-hitung > t-tabel yaitu 4,00 > 1,99. Simpulan bahwa media monopoli berbasis TGT hasil pengembangan pada pembelajaran ikatan kimia dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa secara signifikan.