Pengaruh Pemakaian Media Power Point (PPT) dan Media Alat Peraga dengan Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA pada Pokok Bahasan Ikatan Kimia
Main Authors: | Aini, Nisa Qurrata, Jasmidi, , Sintiani, Putri, Dewita, Novira |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/43200/1/Article.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43200/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemakaian media power point (PPT) dan media alat peraga terhadap hasil belajar siswa pada sub pokok bahasan bentuk molekul dan gaya antar molekul. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada 2 kelas di MAN 2 Model Medan, dimana kelas kontrol dengan menggunakan media alat peraga bentuk molekul, dan kelas eksperiment dengan media power point (PPT) dengan model problem based learning (PBL). Penelitian ini dilakukan dengan tahapan penelitian : 1) Pemberian pre-test diawal, 2) Proses pembelajaran, dan 3) Pemberian post-test. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah berupa test dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test (68,86) lebih besar dibandingkan kelas kontrol (61,57).