VALIDASI BAHAN AJAR KIMIA DASAR TERINTEGRASI NILAI – NILAI ISLAMBERBASIS KONTEKSTUAL
Main Authors: | Nasution, Rizki Fitriani, Darmana, Ayi, Sudrajat, Ajat |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/43195/1/Article.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43195/ |
Daftar Isi:
- Melihat kesesuaian bahan ajar kimia dengan karakteristik kejuruan mahsiswa Pendidikan Kimia dan mendapatkan bahan ajar kimia dasar terintegrasi nilai – nilai islam berbasis kontekstual untuk mahasiswa. Metode penelitian dan pengembangan (R & D), Bahan ajar yang telah dikembangkan selanjutnya dinilai oleh beberapa validator ahli. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Analisis data diawali dengan Menyusun dan Memvalidasi. Hasil akhir dari analisis data tersebut mengungkapkan bahwa penerapan pembelajaran Al-Islam dengan pendekatan kontekstual dilaksanalan mahasiswaan sesuai dengan komponen utama pendekatan kontekstual, meliputi: konstruktivisme, penemuan, bertanya, mahasiswa belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian yang autentik. Angket dipilih sebagai instrument untuk menentukan kesesuaian bahan ajar dengan karakteristik kejuruan dan pengumpulan data hasil validasi yang dilakukan validator. Dari hasi validasi menunjukkan bahwa masih terdapat ketidak sesuaian bahan ajar kimia yang digunakan dengan karakteristik kejuruan mahasiswa dan bahan ajar kimia yang dikembangkan berada dalam kategori valid dan tidak perlu revisi.