PenerapanModel Pembelajaran STAD dan Discovery Learning Berbantuan Macromedia Flash Untuk MeningkatkanHasil Belajar Siswa

Main Authors: Br. Bancin, Siti Aminah, Syafriani, Dewi
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/43193/1/Article.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/43193/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model Student Team Achievement Divisions (STAD) berbantuan macromedia flash dengan Discovery Learning berbantuan macromedia flash pada materi laju reaksi. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA MAN 3 Medan yaitu empat kelas. Masing-masing kelas berjumlahkan 33 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel terpilih yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen I yang diberi perlakuan model Student Team Achievement Divisions (STAD) berbantuan macromedia flash dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen II yang diberi perlakuan model Discovery Learning berbantuan macromedia flash. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non tes yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya, dimana hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji Independent Sample T-Test, dengan hasil penelitian diperoleh nilai signifikansinya sebesar 0,047 dari data terlihat nilai signifikansi < 0,05 yang artinya Ho ditolak. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan Discovery Learning berbantuan macromedia flash pada materi laju reaksi dengan hasil 0,0424% yang menggunakan model STAD lebih baik dibandingkan Discovery Learning.