Inovasi Bahan Ajar Berbasis Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology And Society) Terintegrasi Nilai Islam Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi
Main Authors: | Utami, Rafika, Darmana, Ayi |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/43192/1/Article.pdf http://digilib.unimed.ac.id/43192/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan inovasi bahan ajar berbasis pendekatan SETS (Science, Environment, Technology and Society) terintegrasi nilai Islam pada materi laju reaksi yang telah dikembangkan. Spesifikasi bahan ajar berbentuk media cetak sebagai implementasi kurikulum 2013 kompetensi. Subjek dari penelitian ini adalah sisw-siswi kelas XI MAN 2 Model Medan yang berjumlah 30 siswa. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analyze (analisis), Design (Desain), Develop (pengembangan), Implement (uji coba) dan Evaluate (evaluasi) akan tetapi penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap Implement (uji coba). Penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa lembar soal pilihan ganda berjumlah 20 soal yang valid dan reliable dengan reabiltas 0,84. Berdasarkan hasil uji prasyarat data, diketahui bahwa data hasil pretest, posttest dan gain pada kels kontrol dan kelas eksperimen berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis yang digunkan dalam penelitian ini yaitu uji t pihak kanan dengan perolehan thitung > ttabel yaitu 5,747 > 1,671 maka Ha diterima serta peningkatan hasil belajar (gain) dari kelas eksperimen diperoleh 62,64%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa inovasi bahan ajar berbasis pendekatan SETS (Science, Environment, Technology and Society) terintegrasi nilai Islam yang telah dikembangkan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.